Selasa, 07 Februari 2012

Tonsilitis atau radang amandel

Tonsilitis
Kasus tonsilitis atau radang amandel banyak terjadi pada kasus anak maupun dewasa. Seringkali kasus tonsilitis mendapat vonis untuk diangkat. Ya, dikenal dengan operasi amandel. Tentu biaya operasi amandel sendiri tidak murah. Apalagi jika kasus terjadi pada keluarga yang kurang mampu. Sehingga penting bagi kita memahami kasus tonsilitis tersebut.

Asal kasus radang amandel sering kali dimulai dengan sakit tenggorokan. Tetapi jika dalam 1-2 hari gejala tidak mereda, ada potensi terjadi tonsilitis.

Dalam beberapa kasus, tonsilitis tidak membutuhkan operasi. Sehingga secara mendis sendiri dibagi beberapa level atau klasifikasi sebagai berikut :
  1. Tonsilitis akut adalah gejala tonsil membengkak permukaan-nya yang diliputi eksudat yang berwarna putih kekuning- kuningan.
  2. Tonsilitis folikularis dengan gejala tonsil yang membengkak dan hiperemis dengan permukaannya berbentuk bercak putih yang mengisi kripti tonsil yang disebut detritus. Detritus terdiri dari leukosit, epitel yang terlepas akibat peradangan, termasuk sisa-sisa makanan yang tersangkut tonsilitis lakunaris dengan gejala bercak yang berdekatan, bersatu dan mengisi lekuk-lekuk pada permukaan tonsil.
  3. Tonsilitis membranosa dengan gejala eksudat yang menutup permukaan tonsil yang membengkak tersebut meluas menyerupai membran atau lapisan. Membran ini biasanya dapat dengan mudah diangkat atau di buang dan berwarna putih kekuning- kuningan.
  4. Infiltrat peritonsiler dengan gejala perkembangan lebih lanjut dari tonsiitis akut. Perkembangan ini sampai ke bagian langit-langit, tonsil menjadi terdorong ke tengah, rasa nyeri yang sangat hebat , air liur pun tidak bisa di telan. Apabila dilakukan penyedotan dengan suntikan di tempat pembengkakan berdekatan palatum mole akan keluar darah.
  5. Abses peritonsil bersama gejala perkembangan lanjut dari infiltrat peritonsili. Serta gejala klinis sama dengan infiltrat perintonsiler. Apabila dilakukan aspirasi (penyedotan dengan spuit/ suntikan) di tempat pembengkakan di dekat palatum mole akan keluar nanah putih kekuningan.
Pada kasus yang terakhir memerlukan tindakan yang lebih serius, kemungkinan besar adalah operasi amandel.

Ayo jaga kesehatan, waspada jika radang amandel atau radang tenggorokan menyerang.

1 komentar:

  1. terimakasih banyak, sangat membantu sekali

    http://herbalkuacemaxs.com/pengobatan-herbal-radang-amandel/

    BalasHapus